Pemerintah Kampung Pemuka Sambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah Dengan Zikir Rateeb Seribee


Pemerintah Kampung Pemuka gelar acara Ceramah Agama dan Zikir Rateeb Seribee (Zikir Seribu) yang dipimpin oleh Majelis Pengkajian Tauhid Tashawuf Indonesia Cabang Aceh Singkil, Kamis malam ( 20/09/2018). 

Foto: Facebook (Arifin Sagala Arip)

Acara ini digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah yang bertepatan jatuh pada 11 September lalu. 

Turut hadir dalam acara, Wali Nanggroe MPTTI Aceh Singkil Ustad Isnin, Camat MPTTI Aceh Singkil, Penceramah Kondang dan Pimpinan Pesantren Daruttakdib Ustad Khalidin dan Pimpinan Pesantren Darul Irsyad Ustad Junaidi yang akrab disapa Ustad Juned beserta rombongan lain. 

Pembukaan di pimpin oleh Ustad Sabtudin selaku pembawa acara dan dilanjutkan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Ustad Satra. 

Usai pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an dilanjutkan sambutan kepala Kampung Pemuka Sabaruddin. Kepala Kampung dalam sambutannya mengatakan dirinya dan jajarannya sangat mengharapkan acara serupa untuk selalu di laksanakan setiap momennya. Ia juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat kampung Pemuka yang telah ikut berpartisipasi demi mensukseskan acara penyambutan tahun baru Islam itu. 

Selanjutnya Kepala Mukim Kemukiman pemuka dalam sambutan dan arahannya juga menimpali apa yang disampaikan oleh Kepala Kampung sebelumnya. Ia bahkan mendorong setiap kepala Kampung dalam Wilayahnya agar dapat mengalokasikan dana Desa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan Hari-hari besar Islam. Ia juga berharap adanya pengajian-pengajian rutin untuk belajar Ilmu Agama. 

"Kami yang lanjut usia mungkin sangat jauh kekukhangen ilmu kami, hakhapen kami kune cakha mohon mo kikhana secakha pendidiken yaitu agama enda, kakhna kami mungkin sambing yang lanjut usia odak ne mampu secakha tulis baca, jadi tolong mo kikha-kikha kami enda akhahken mi agama penuh" katanya dalam bahasa setempat. 

Sebelum acara Zikir dimulai, acara diisi dengan penyampaian ceramah Agama tentang hal-hal yang berkaitan dengan Tema Acara yaitu 1 Muharram. yang merupakan Tahun Barunya Umat Islam. 

Ustad Khalidin sebagai penceramah menyampaikan banyak hal terkait Tahun Baru Islam, Aliran-aliran tareqat dan jenis-jenis Zikir dalam Islam dan Tentang Tauhid Tasawuf.

Berikut ringkasan isi ceramah beliau

Ustad Khalidin menyampaikan 1 Muharram Tahun Hijriyah adalah milik kita, sedangkan Masehi milik orang diluar islam.

Awal mula tidak ada tahun dan bulan masehi, penamaan bulan pada tahun masehi adalah nama-nama dewa dan raja-raja kafir pada zaman kerajaan romawi. 

Pengenalan nama-nama bulan dalam tahun islam perlu diketahui oleh kita sebagai pembedaan antara tahun milik orang-orang diluar islam dengan orang-orang islam.

Tahun Hijriyah adalah awal tahun berpindahnya Nabi Muhammad karena perintah Allah dari Mekah ke Madinah. sehingga tahun itu di namai tahun Hijriyah. 

Tauhid tasawuf telah ada sejak zaman dahulu di aceh singkil, hal ini diketahui dengan adanya shalawat khas aceh singkil yang tak di jumpai di daerah lain di aceh. 

Namun tauhid tasawuf beberapa dekade belakangan mulai memudar dan terbenam oleh zaman, oleh sebab itu MPTT Berupaya mengangkat kembali tauhid tasawuf ke atas permukaan. 

Orang yang berpaling dari mengingat Allah. Maka Allah memberikan kehidupan yang sempit.
_____________________________________________

Sebelumnya Wali Nanggroe MPTTI Aceh Singkil dalam sambutannya menjelaskan mengenai Zikir Rateeb Seribee, Zikir ini sama dengan zikir lain dengan melafalkan Laa Ilaa Ha Illallah sebanyak-sebanyaknya semampu yang melakukannya. 

Ia juga menegaskan bahwa siapa saja dan dari tareqat mana saja boleh melakukan apa yang disebut Zikir Rateeb Seribee. Karena sejatinya Zikir adalah upaya untuk mendekatkan hati kepada sang pencipta. 

Seusai ceramah Agama yang disampaikan oleh Ustad Khalidin, selanjutnya dilakukan Zikir secara bersama-sama sebanyak kurang lebih 1000 kali pengucapan kalimat Laa Ilaa Ha Illallah. 

Zikir kali ini di pimpin oleh Ustad Junaidi Pimpinan Pesantren Darul Irsyad yang berlokasi di Kampung Suka Damai Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. 

Usai Zikir Dilanjutkan pembacaan Do'a oleh Wali Nanggroe MPTT I Aceh Singkil, Ustad Isnin. 

Di penghujung acara para Jamaah di jamu dengan makanan penutup nan lezat yang telah dipersiapkan oleh panitia Acara sebelumnya. 
0 Komentar untuk "Pemerintah Kampung Pemuka Sambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah Dengan Zikir Rateeb Seribee "
Back To Top