Unik, Aceh Tengah Pamerkan Tiga Kerangka Manusia "Purba" Di Pagelaran PKA Ke 7 Aceh Tahun 2018

PKA 7 2018. Ada yang unik dalam pagelaran Pekan Kebudayaan Aceh Ke 7 Tahun 2018 ini. PKA ke 7 yang gelar 4 Tahun sekali ini selalu di laksanakan di Ibukota Provinsi Aceh yakni di Kota Banda Aceh. Sebuah kota yang sarat sejarah dan peristiwa.

Source: acehdasa.com

Bukan soal unik nya kota Banda Aceh melainkan sebuah keunikan yang ditampilkan dalam pagelaran Pekan Kebudayaan Aceh tahun 2018 yang merupakan pagelaran Budaya dan Seni yang ke Tujuh kalinya di selenggarakan oleh pemerintah Aceh.

Salah satu yang unik yang banyak menjadi pusat perhatian masyarakat yang berkunjung ke PKA ini seperti dilansir acehdasa.com adalah kerangka manusia yang ditampilkan di anjungan Aceh Tengah, Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh. Dikabarkan kerangka manusia ini merupakan kerangka manusia purba berusia 7000 tahun sampai 7500 tahun.

Dikutip dari acehdasa.com, Total ada Tiga kerangka manusia yang ditampilkan di Anjungan Aceh Tengah ini. Kerangka-kerangka manusia purba itu merupakan hasil penggalian Balai Arkeologi Medan di Gua Ujung Karang dan Loyang Mendale Aceh Tengah. Hasil tes DNA menyebutkan kerangka-kerangka manusia purba itu memiliki kesamaan dengan suku Gayo yang mendiami Aceh Tengah, sehingga kata Nilafiani dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tengah "kerangka tersebut disebut nenek moyang orang Gayo".

Bagi pengunjung yang berkunjung ke anjungan Aceh Tengah ini akan di suguhkan dengan informasi mengenai asal usul kerangka tersebut oleh penjaga yang berada di sana.

Selain itu di anjungan juga terdapat berbagai macam hiasan-hiasan pelaminan Adat Gayo, alat-alat pertanian, kendi, gerantung kalung kerbau dan juga aksara gayo.

Seperti yang diketahui Gayo merupakan suku tertua yang mendiami wilayah Aceh yang tersebar di berbagai daerah sepeti Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Timur dan Tamiang. Tak hanya itu Suku gayo juga memiliki aksara sendiri yang disebut "rasi gayo".

Nilafiani mempersilakan pengunjung belajar menulis aksara Gayo dan mendapatkan informasi lebih luas tentang kebudayaan Gayo. “Petugas kami akan menjelaskan semuanya dengan senang hati,” tutup Nilafiani.

Sumber: acehdasa.com 
Refensi terkait: aceh.tribunnews.com
0 Komentar untuk "Unik, Aceh Tengah Pamerkan Tiga Kerangka Manusia "Purba" Di Pagelaran PKA Ke 7 Aceh Tahun 2018"
Back To Top