Penemuan JENIUS! Inilah 5 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan, Canggih Dan Bermanfaat Bagi Manusia

Robot  adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal dari bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Gambar: Youtube.com/Md Studio

Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot. Dewasa ini robot sudah banyak dijadikan sebagai mainan anak-anak bahkan orang dewasa. Berikut 5 Robot maninan yang sangat canggih di dunia.


1. SCORPION HEXAPOD ROBOT (Berbentuk Kalajengking)

Sebuah tim atau insinyur dari UGent Campus Kortrijk dan Industrial Design Center mengembangkan robot berkaki enam yang menyeramkan ini, yang tampak seperti kalajengking raksasa, lengkap dengan penjepit dan ekor cambuk. Mereka akan menjual robot dengan harga jutaan ini kepada anak laki-laki berusia 12 tahun jika mereka menjualnya.

Gambar: theawesomer.com

2. MIRO (Berbentuk Ikan)

AIRO adalah pembuat Robot Ikan yang disebut MIRO (Marine Intelligence Robot). MIRO, Ikan Robot biomimetik, adalah pencapaian pertama dari platform robot bawah air oleh AIRO.

Gambar: theawesomer.com

3. ROBUGTIX T8X ROBOT SPIDER (Benbentuk Laba-laba)

Estetis dan perilaku realistis, T8X adalah satu-satunya robot di pasar yang menggabungkan begitu banyak kemiripan dengan laba-laba nyata dengan gerakan halus, programabilitas, dan kemampuan penyesuaian. Dengan 26 motor servo yang dikemas di dalam robot dan didukung oleh Mesin Robot milik milik Bigfoot ™, yang berisi algoritma robotika canggih untuk mengendalikan robot berjalan kaki, ada kemungkinan tak terbatas untuk jenis gerakan yang terinspirasi oleh bio, gerakan realistis yang dapat dilakukan robot.

Robot T8X Spider masing-masing memiliki 26 servo motor Robugtix® dan ditenagai oleh mesin Bigfoot ™ Robotics milik sendiri, yang menghitung semua gerakan robotika kompleks yang terlihat dalam video secara real-time.

Gambar: theresaspiderinthebath.wordpress.com

4. ROBOBEES (Berbentuk Lebah)


Mikrorobot yang terbang secara otonom dengan kegunaan potensial dalam penyerbukan tanaman, misi pencarian dan penyelamatan, pengawasan, serta pemantauan cuaca, iklim, dan lingkungan beresolusi tinggi.

Terinspirasi oleh biologi lebah, para peneliti di Wyss Institute sedang mengembangkan RoboBees, sistem buatan manusia yang dapat melakukan berbagai peran dalam pertanian atau bantuan bencana. RoboBee mengukur sekitar setengah ukuran klip kertas, berat kurang dari sepersepuluh gram, dan lalat menggunakan "otot buatan" yang dikompromikan dari bahan yang berkontraksi ketika tegangan diterapkan. Modifikasi tambahan memungkinkan beberapa model RoboBee beralih dari berenang di bawah air ke terbang, serta "bertengger" di permukaan menggunakan listrik statis.

Gambar: wyss.harvard.edu

5. FLYING BIONIC BIRD (Berbentuk Burung)


Robot satu ini mirip dengan burung dengan berat hanya sekitar 9 gram. Dapat terbang berjarak 100 meter dan bertahan hingga 10 menit dengan struktur serat karbon di bagian akar, dan busa di bagian body. Robot burung ini juga dapat dikendalikan dengan smartphone. 

Gambar: robotshop.com


Itulah 5 robot canggih yang terinspirasi dari hewan yang ada didunia.


Sumber :
1. id.wikipedia.org
2. theawesomer.com
3. youtube.com
4. robugtix.com
5. youtube.com
6. wyss.harvard.edu
7. robotshop.com
0 Komentar untuk "Penemuan JENIUS! Inilah 5 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan, Canggih Dan Bermanfaat Bagi Manusia"
Back To Top