Dari Pakaian Adat Aceh Hingga Tari Saman Dan Lagu Bungong Jeumpa

Misterule (19/8/2018), Aceh sepertinya sedang naik daun dan sedang harum. Pertama pakaian adat Aceh dipakai Oleh presiden saat menjadi inspektur upaca peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus lalu. Tentu hal ini menjadi keistimewaan tersendiri bagi masyarakat Aceh. 

Foto: maknalirik321.com (Bungong jeumpa)

Kali ini di pembukaan Event empat Tahunan Asian Games 2018 di Stasiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat, Tari Saman menjadi tarian pembukaan pada Ceremony itu. Setidaknya 1000 penari tergabung dalam tari saman yang merupakan tarian tradisional  Gayo tersebut. 

Tak cukup di situ, Lagu Bungong Jeumpa juga terpilih menjadi lagu pembukaan dari ribuan lagu-lagi tradisional daerah lainnya. Memang lagu ini sangat sedap di dengar di telinga. Dimana di dalam lirik nya mengatakan Bungong Jeumpa merupakan bunga yang megah di Aceh. 

Ya, apakah ini pertanda hari keberuntungan Aceh? Atau buah dari terselenggaranya Pekan Kebudayaan Aceh beberapa waktu lalu? Yang pasti ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Aceh.  
0 Komentar untuk "Dari Pakaian Adat Aceh Hingga Tari Saman Dan Lagu Bungong Jeumpa"
Back To Top