Bursa Inovasi Desa Kecamatan Singkil Sukses Digelar Hari Ini

Bursa Inovasi Desa (BID) Kecamatan Singkil sukses di gelar, Senin (30/09/2019). BID adalah sebuah tahapan dalam pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID) yang merupakan bagian dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD). 

Foto: Sesi Foto Bersama Bupati dan Kepala Desa Se-Kecamatan Singkil

BID juga menjadi wadah dalam upaya penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-desa, serta bagian yang tidak terpisahkan dari model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa. 
BID juga media pembelajaran bagi desa untuk memperoleh informasi dan Inovasi yang mendukung pembangunan desa. Tujuannya lebih kepada tukar menukar cara dan solusi dalam mengembangkan pembangunan desa, BID juga dapat bersifat pameran, namun bukan berbentuk barang melainkan ide-ide kreatif dalam mendukung pembangunan desa. Masalah, potensi, rencana replikasi dan kebutuhan dukungan teknis desa terhadap suatu persoalan dapat di sampaikan dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa ini. 

Pelaksanaan BID ini tentu tidak terlepas dari peran serta dan kerjasama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Pihak Kecamatan Singkil dan Tenaga Pendamping P3MD Aceh Singkil, serta dukungan dari pihak desa yang menjadi peserta Bursa. 

Dul Musrid, Bupati Aceh Singkil turut hadir dalam BID yang disambut dengan tari Dampeng dari Kemukiman Pemuka. Terlihat ia cukup menikmati tarian khas Aceh Singkil ini dengan pantun-pantun yang bermakna sambutan dan penghormatan pada tamu yang datang tersebut. Tak hanya Bupati, beberapa jajarannya pun ikut mendampingi. 

Acara pun langsung dibuka setibanya Bupati di Halaman kantor Camat Singkil yang menjadi tempat di selenggarakannya BID Kecamatan kali ini. Dul Musrid mengatakan dalam pembukaan acara itu, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi acara ini, ia kemudian berharap apa yang menjadi komitmen Desa hari ini dapat benar-benar di jalankan. 

Sebelumnya, Azwir, SH Kadis PMK Aceh Singkil yang juga Ketua Tim Inovasi Kabupaten itu mengatakan mendukung kegiatan ini, bahkan ia menyarankan dibentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMK) Bersama se-kecamatan Singkil. 

"Sebagian desa ada yang memiliki SDA tapi kurang SDM, dan sebaliknya desa yang memiliki SDM namun minim SDA, jadi bisa dibuat BUMK Bersama saja" sebutnya disaat memberikan kata sambutan.

HALAMAN 2


0 Komentar untuk "Bursa Inovasi Desa Kecamatan Singkil Sukses Digelar Hari Ini"
Back To Top