MTQ Ke 26 Mataram Resmi Di Buka Presiden Jokowi Sabtu 30 Juli 2016

MATARAM - Peserta perwakilan dari 34 provinsi yang berjumlah 1.193 peserta siap bertanding dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVI yang digelar di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), dimulai dari 30 Juli sampai 6 Agustus 2016. Jumlah peserta tersebut didapat setelah melalui beberapa tahapan. Dari 1.303 orang yang mendaftar, 1.200 orang lolos verifikasi dan hanya 1.193 peserta yang lolos pendaftaran ulang. Pada MTQ kali ini, masing-masing provinsi mengirimkan sebanyak 22-44 peserta.

Foto Istimewa: netralnews.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVI yang di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)

"Nanti kita akan melakukan Musabaqoh dengan peserta 1.193 karena ada 7 tidak hadir," kata Machasin dalam keterangan pers seperti yang dilansir kompas.com, Sabtu (30/7/2016).

“Proses pendaftaran pada MTQ kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peserta melakukan pendaftaran dengan sistem online” terang Ketua LPTQ Nasional Prof. Machasin lanjutnya.
Ada 7 lomba yang akan ditandingkan di MTQ Nasional kali ini ,seperti cabang Tilawah, cabang Khath Al-Quran, cabang Hifzil Quran, cabang Tafsir Al-Quran, cabang Fahmil Quran, cabang Syahril Quran dan cabang Musabaqah makalah Al-Quran.

Machasin menambahkan, pada pelaksanaan MTQ kali ini kejujuran merupakan salah satu hal yang ditekankan. Oleh karenanya, dewan hakim yang nantinya akan bertugas sebagai tim penilai, tidak boleh membawa handphone."Kalau ada yang ketahuan membawa ya kita ganti," kata Machasin.

Dengan mengangkat tema 'MTQ Mewujudkan Revolusi Mental dalam Rangka Pengamalan Islam Rahmatan Lil Alamin', malam ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVI yang dilangsungkan di Astaka Utama Islamic Centre, Kota Mataram, Lombok, Sabtu (30/7/2016) malam.

Jokowi juga berkesempatan memukul Gendeng beleg sebagai tanda peresmian Pembukaan MTQ Tingkat Nasional XXVI Tahun 2016 kemudian disajikan atraksi 26 penabuh gendang beleg.
Pejabat yang mendampingi Presiden pada acara itu, yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur NTB TGB Zainul Majdi.

Pembukaan MTQ Nasional juga dihadiri 30 duta besar dari negara sahabat, terutama dari negara-negara Timur Tengah, termasuk para gubernur dan bupati/wali kota.

Acara tersebut juga disaksikan sekitar 5.000 orang dari para kafilah, termasuk masyarakat NTB.
Usai menghadiri Pembukaan MTQ ke-26, Presiden dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan akan kembali ke Jakarta dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Sabtu 30 Juli 2016 tengah malam.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan, kegiatan MTQ dinilai sangat baik terutama untuk membumikan Al-Quran. Pelaksanaannya sendiri akan tersebar di beberapa tempat seperti Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah.
Amin mengatakan, sebelumnya NTB pernah sukses menjadi tuan rumah MTQ 43 tahun silam atau pada tahun 1973. Pelaksanaan MTQ Nasional Tahun ini pun di NTB bisa berjalan sukses, harapnya.


Sumber: netralnews.com


0 Komentar untuk "MTQ Ke 26 Mataram Resmi Di Buka Presiden Jokowi Sabtu 30 Juli 2016"
Back To Top